Cara Memilih Skema Asuransi Kecelakaan Diri yang Tepat Untuk Anda

Cara Memilih Skema Asuransi Kecelakaan Diri yang Tepat Untuk Anda

Kita mungkin sudah mengetahui bahwa asuransi kecelakaan diri sangatlah penting. Hal ini dilandasi bahwa kita tidak pernah tau kapan musibah datang, seberapa besar biaya yang perlu kita keluarkan untuk proses penyembuhan, apakah kita akan kehilangan sumber penghasilan, atau bagaimana dampak kejadian itu secara jangka panjang terhadap keadaan finansial kita dan keluarga. Tidak heran banyak orang memilih untuk memiliki asuransi kecelakaan diri untuk melindungi dirinya dan keluarga. 

Setelah memutuskan untuk memiliki asuransi kecelakaan diri, proses selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memilih skema asuransi kecelakaan diri yang tepat untuk kita, kita tidak boleh asal memilih skema asuransi kecelakaan diri, beberapa faktor harus dipertimbangkan sebelum Anda membeli polis kecelakaan diri. Untuk membantu Anda membuat pilihan yang tepat, berikut dalam tulisan ini kita akan sama sama mempelajari bagaimana cara memilih skema asuransi kecelakaan diri yang paling tepat untuk Anda.

Berikut di bawah ini adalah beberapa tips dan fitur yang harus dipertimbangkan dengan baik sebelum membeli rencana asuransi kesehatan kecelakaan diri :

  1. Jumlah premi 

Jumlah Premi adalah jumlah biaya yang Anda harus bayarkan kepada perusahaan asuransi secara teratur sesuai dengan perjanjian yang Anda buat. Membayarkan premi secara teratur sangatlah penting karena dengan membayar premi, asuransi kecelakaan diri yang Anda miliki akan aktif dan dapat memberikan manfaat saat terjadi suatu musibah atau kecelakaan. Jumlah premi yang Anda harus bayarkan haruslah sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Tidak boleh terlalu mahal karena akan membebani Anda, juga tidak boleh terlalu kecil sehingga tidak cukup melindungi Anda. Semakin sedikit premi yang dibayarkan juga membuat semakin kecil jumlah pertanggungan yang dapat Anda terima, begitu juga sebaliknya semakin besar premi yang Anda bayarkan semakin besar Anda akan mendapatkan biaya pertanggungan. 

  1. Cakupan Polis

Cakupan polis berisi berbagai kegiatan yang mungkin menyebabkan kecelakaan dan kondisi yang terjadi dimana Anda akan mendapatkan perlindungan secara finansial oleh asuransi. Semakin luas cakupan polis semakin Anda terlindungi. Jangan lupa sesuaikan cakupan polis dengan kondisi pekerjaan, tempat tinggal, dan hal-hal lainnya.

  1. Perusahaan Asuransi

Reputasi perusahaan asuransi kecelakaan diri merupakan hal yang juga sangat penting dipertimbangkan. Pilihlah perusahaan asuransi yang sudah memiliki nama baik dan rekam jejak positif dalam membayarkan biaya penanggungan dan komitmen yang baik selama jangka waktu yang panjang. Lebih jauh Anda harus juga mengecek berapa besar rasio penyelesaian klaim perusahaan tersebut. Rasio penyelesaian klaim adalah besarnya persentase antara klaim yang diajukan dengan klaim yang diselesaikan.

  1. Manfaat

Pertanggungan asuransi kecelakaan diri harus mencakup manfaat atas kematian karena kecelakaan, patah tulang, cacat tetap, cacat sementara, dan luka bakar akibat kecelakaan. Selain itu, juga harus mencakup biaya lain seperti biaya ambulans, uang tunai rumah sakit, dan biaya transportasi.

  1. Cakupan Luar Negeri

Seharusnya tidak ada batasan wilayah dalam perlindungan asuransi kecelakaan diri Anda. Polis asuransi kecelakaan juga harus melindungi Anda saat bepergian ke luar negeri.

  1. Manfaat untuk Keluarga

Ini adalah salah satu aspek utama yang harus dipertimbangkan saat membeli polis asuransi kecelakaan diri. Polis asuransi Anda harus memberikan sejumlah uang pertanggungan kepada keluarga Anda jika Anda meninggal dunia. Anda harus mempertimbangkan jumlah yang akan diterima oleh tanggungan jika terjadi kecelakaan diri yang dapat menyebabkan kematian atau cacat tetap. Semakin tinggi manfaat kompensasi kepada keluarga, semakin baik kebijakannya.

  1. Pengecualian

Pengecualian adalah semua peristiwa yang dikecualikan dari polis dan perusahaan tidak akan memberikan kompensasi. Anda harus memperhatikan dengan cermat peristiwa-peristiwa yang mungkin dikecualikan tersebut. Anda harus memilih skema yang sesuai. Jangan sampai kemungkinan kecelakaan yang dikecualikan adalah resiko yang sesuai pekerjaan Anda. 

  1. Jenis Skema

Anda dapat cermat dalam memilih jenis skema  sesuai kebutuhan Anda, Anda dapat membeli paket keluarga atau paket individu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memilih paket keluarga, maka pastikan polis tersebut melindungi keluarga Anda dari kecelakaan yang mungkin terjadi dalam aktivitas sehari-hari.

  1. Proses Penyelesaian Klaim

Anda harus tahu tentang proses penyelesaian klaim dari perusahaan, pastikan proses tersebut  tidak berbelit-belit dan cepat. Jika ada prosedur tertentu untuk mengajukan klaim dan jenis dokumen tertentu yang harus Anda siapkan, pastikan itu bukan menjadi masalah yang merepotkan untuk Anda.

Tanner

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.