Mengapa asuransi kecelakaan diri sangat penting ?

Mengapa asuransi kecelakaan diri sangat penting ?

Memangnya penting ya memiliki asuransi kecelakaan diri? Memangnya apa saja manfaatnya? Pertanyaan itu mungkin adalah pertanyaan yang akan muncul dalam benak kita saat kita mendengar mengenai asuransi kecelakaan diri. Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan cerdas dan sangat tepat untuk diajukan. Sangat penting kita selalu kritis dengan pilihan-pilihan yang kita ambil. Keputusan yang kita ambil harusnya memang benar-benar memberikan manfaat kepada kita, terlebih pilihan yang akan membuat kita mengeluarkan biaya secara rutin, manfaat yang diberikan haruslah lebih besar dari pengorbanan yang kita lakukan. Tulisan ini akan coba memberikan informasi untuk menjawab pertanyaan tersebut, memberikan Anda masukan untuk pertimbangan, sehingga Anda yakin keputusan yang Anda ambil adalah keputusan yang tepat dan tentunya bermanfaat untuk Anda.

Sebelum menjawab pertanyaan mengapa asuransi kecelakaan diri penting, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu asuransi kecelakaan diri. Asuransi kecelakaan diri berbeda dari asuransi jiwa biasa. Asuransi kecelakaan diri secara khusus memproteksi Anda dari kemungkinan terjadinya kecelakaan yang akan mengakibatkan Anda atau orang yang Anda cintai mendapatkan cedera serius bahkan kematian, ini berbeda dari asuransi jiwa misalnya yang memproteksi Anda dari penyakit. Lalu mengapa ada asuransi yang khusus melindungi Anda dari musibah kecelakaan seperti ini? Asuransi kecelakaan diri ini akan sangat penting saat musibah datang. Musibah tidak pernah dapat diprediksi, kecelakaan dapat terjadi pada siapa saja, tidak peduli apakah Anda memiliki gaya hidup yang sehat ataupun tidak, tidak peduli saat Anda mungkin dalam perjalanan bekerja atau sedang berlibur dengan keluarga, bahkan tidak peduli Anda sedang bekerja atau bahkan sedang tertidur.

Hal buruk lainnya mengenai musibah kecelakaan adalah biaya yang dibutuhkan hampir tidak mungkin dapat diprediksi. Kita tidak pernah dapat memprediksi seberapa parah cedera yang mungkin kita atau orang yang kita cintai dapatkan. Besarnya biaya ini juga diperburuk oleh kemungkinan biaya tersebut harus dibayarkan dengan segera, misalnya Anda harus mendapatkan perawatan medis gawat darurat atau mungkin operasi, itu akan membutuhkan biaya yang sangat besar dan tidak mungkin dapat Anda ditunda. Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk menjual aset Anda terlebih dahulu, biaya harus segera dilunasi, dan faktor waktu menjadi hal yang sangat amat penting karena menyangkut nyawa.

Hal buruk selanjutnya mengenai musibah kecelakaan adalah kondisi psikologis korban yang mendapat musibah. Banyak orang tidak menyadari sebuah kecelakaan tidak hanya berdampak pada kondisi fisik korban, stres yang mungkin dialami juga sangat sering terjadi. Karena dalam keadaan pemulihan tersebut, kita akan memikirkan biaya yang akan ditimbulkan selama perawatan tersebut, mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang besar sampai dapat pulih kembali. Hal ini semakin memberatkan jika yang mendapat musibah adalah tulang punggung yang mencari nafkah, selama masa penyembuhan sangat mungkin sumber penghasilan hilang karena kita tidak dapat bekerja. Selain memikirkan kebutuhan biaya perawatan selama masa penyembuhan, keluarga juga harus memenuhi kebutuhan hidupnya seperti biasa.

Mungkin kita sudah mendapatkan pelajaran mengenai pentingnya memiliki memiliki dana darurat, agar saat musibah terjadi kita memiliki dana untuk mengcover hal tersebut. Namun kecelakaan sangatlah berbeda, besarnya biaya yang mungkin timbul, durasi penyembuhan, bahkan kemungkinan hilangnya sumber pendapatan sangat sulit untuk dapat diprediksi. Tidak semua orang dapat menyiapkan dana darurat yang cukup besar untuk benar-benar terlindungi secara finansial dari kemungkinan musibah yang terjadi. Lebih jauh dampak finansial ini juga dapat berakibat dalam jangka waktu yang panjang, tidak semua orang dapat kembali pada posisi finansial semula saat terkena musibah dan harus berhutang untuk menutupi kebutuhan, belum lagi berapa banyak rencana yang sudah dipersiapkan biayanya dengan matang, mungkin dapat berantakan karena biaya tersebut dipakai untuk proses penyembuhan. Beberapa hal penting seperti pendidikan dan berbagai hal lain juga sangat penting dan tidak mungkin untuk ditunda.

Berdasarkan hal tersebut, maka kita dapat menyimpulkan bahwa memiliki perlindungan secara finansial dengan asuransi kecelakaan diri sangatlah penting. Kita tidak pernah tau kapan musibah datang, seberapa besar biayanya, apakah kita akan kehilangan sumber penghasilan, atau bagaimana dampak kejadian itu secara jangka panjang terhadap keadaan finansial kita dan keluarga. Memang benar kita tidak dapat memprediksi kapan bencana terjadi, tetapi kita selalu dapat menyiapkan dan memiliki proteksi finansial dengan memiliki asuransi kecelakaan diri.

Tanner

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.